--> Skip to main content

Jenis Ikan Hias Air Tawar Air Laut yang Mudah Untuk Dipelihara

Ikan Hias Air Tawar Terindah, infoikan.com bagi pecinta ikan hias khususnya yang di rumahnya terdapat aquarium, jika sobat masih bingung tentang apa saja jenis ikan hias tersebut serta berapa harga untuk membelinya, pada kesempatan kali ini akan dibahas Berikut terdapat beberapa Ikan Hias Air Tawar Terindah serta contoh ikan hias air laut.

1. Ikan Hias Air Tawar Discus


Jenis Ikan Hias Air Tawar

Dari anak kecil,orang tua, terutama ibu-ibu rumah tangga jikalo melihat jenis ikan ini, akan mempunyai daya tarik tersendiri. Apalagi mempunyai jenis aquarium yang besar, dengan kecantikan serta keindahan pasti banyak yang mengisi jenis ikan ini.

 
Ikan discus dalam bahasa latinnya (Symphysodon discus), untuk habitat aslinya, banyak terdapat dan ditemukan pada perairan sungai amazon.

Bentuknya seperti piringan (disc) maka dari itu disebut dengan nama discus.
yang menjadikan ketertarikan semua orang, jenis ikan ini dapat ditandai dengan memiliki warna pada bagian tubuhnya yang bercampur warna-warni, . terutama pada sifat dasar untuk jenis ikan tawar ini yaitu memiliki gerakan yang pelan lembut. 

Ada yang mengatakan dengan ditambah mempunyai warna warni inilah bisa menjadi dan banyak yang menyebutnya sebagai raja aquarium. Sekaligus memiliki warna yang aktif jika tekena sorotan lampu hias, dan yang menjadikan pecinta hias tambah menghobinya. karena terlihat cantik dan indah.

Khusus sobat pecinta ikan hias, maupun pembudidaya seharusnya harus tau asal-usul semua jenis ikan hias ini berasal. Untuk mengetahui dari mana, dan bagaimana ikan discus bisa menjadi salah satu ikan yang di angkat sebagai raja ikan hias bisa dilihat pada artikel yang berjudul : Sejarah Ikan Hias Aquarium Discus Yang Unik

Dan untuk anda yang ingin memelihara ikan discus ada baiknya juga baca Cara Merawat dan Memelihara Ikan Hias Discus

 2. Ikan Cupang


Jenis Ikan Hias Air Tawar

 
Ikan Cupang yang nama latinnya (Betta sp.) merupakan ikan air tawar yang habitat asalnya adalah di beberapa negara Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Jenis ikan ini dapat ditandai dengan memiliki bentuk dan karakterr yang unik, serta
untuk mempertahankan hidupnya, jenis ikan ini memiliki sifat yang agresif .

Pada kalangan pembudidaya serta pecinta ikan hias, untuk jenis ikan cupang ini sendiri ternyata terbagi lagi dalam 3 jenis yaitu, pertama cupang hias, kedua cupang aduan, dan ketiga cupang liar.

Untuk jenis ikan cupang yang asli berasal dari Indonesia sendiri, banyak terdapat dan ditemukan di Pampang yaitu, Kalimantan Timur, salah satunya adalah Betta channoides.

keunikan lainnya dari Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang kuat serta mampu bertahan hidup dalam waktu lama, bahkan apabila ikan cupang ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup. Karena mempunyai insang serta tali yang tertempel pada anusnya yang berfungsi untuk pernafasan.

Jenis Ikan cupang juga merupakan ikan hias yang populer dikalangan penghobi ikan hias, baik dari anak-anak hingga dewasa. Disamping harganya yang murah, sekaligus mudah untuk di dapatkan. Serta dapat bertahan yang cukup lama pada wadah yang inim akan udara.

Karena permintaan pasar akan ikan cupang begitu besar, maka budidaya ikan cupang adalah salah satu bentuk usaha yang menjanjikan, anda tertarik untuk itu? Admin anjurkan untuk membaca : 5 Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang, Dan 5 Alasan Kenapa Anda Gagal Berbudidaya Ikan Cupang. yang ini juga penting untuk disimak : Budidaya Kutu Air Dengan Kol Dan Tanpa Bibit

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Untuk Dipelihara


3. Ikan Hias Killifish


Jenis Ikan Hias Air Tawar


Killifish atau ikan killi merupakan jenis-jenis ikan petelur yang termasuk dalam ordo Cyprinodontiformes.

Nama ilmiah atau nama latin ikan killifish adalah Aphyosemion, namanya memberi gambaran bahwa jenis  ikan ini seakan ikan pemangsa / pembunuh di aquarium, akan tetapi nama  Killifish tersebut asalnya berasal dari Belanda yang artinya kurang lebih parit atau saluran. 


Untuk menemukan jenis ikan hias ini ternyata tidklah sesuit yang banyak orang lain perkirakan. Akan tetapi sobat bisa menemukan juga di indonesia khususnya pada rawa-rawa, sungai, maupun kubangan air. yaitu seperti di daerah Afrika, jenis Ikan Killifish biasanya banyak di temukan pada kubangan air, sungai dan rawa-rawa .

Banyak spesies ikan killi yang terkenal keindahannya yang bahkan bisa bersaing dengan warna dan corak ikan hias laut. Apa lagi kalau sisik serta siripnya terlihat oleh cahaya, akan menjadikan jenis ikan ini semakin indah dan cantik saja.


untuk dapat melihat berbagai macam jenis ikan hias, sobat bisa temukan berbagai bentuk yang unik lagi. temukan disini Inilah Jenis Ikan Hias Air Laut Untuk Akuarium Terlengkap

yang menjadikan ikan killi ini kuat serta dapat popular, yaitu ketika bertelur, telur tersebut mampu bertahan selama beberapa waktu dalam kondisi kering.

Akan tetapi, tidak semua demikian. Telur dari setiap spesies killi berbeda ada yang mungkin hanya dapat bertahan beberapa minggu saja dalam kondisi kering, ada juga yang telurnya dapat bertahan berbulan-bulan, bahkan ada yang lebih lama, ya'ni bisa mencapai lebih dari satu tahun.

baca juga : Ikan Hias Killifish

4. Ikan Hias German Blue Ram


Jenis Ikan Hias Air Tawar



German Blue Ram merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari daerah savana dari Orinoco River tengah dan bawah di Venezuela serta kawasan serupa di Columbia.

Ikan German Blue Ram dapat ditandai dengan memiliki warna indah nan cantik karena di seluruh bagian tubuhnya terdapat bintik - bintik yang berkilauan layaknya mutiara.

German Blue Ram masih dalam jenis ikan hias dari family Cichlid dan termasuk ikan karnivora alias pemakan daging.



jenis ikan hias ini di indonesia sendiri banyak sekali macam serta warnanya, maka tak heran jika harganya sendiri menjadi andalan tersendiri para penjual pemelihara ikan ini.

dengan Kecantikan warnaya yang cantik dan keren, sangat cocok jika dipelihara di aquascape. jika anda ingin tahu lebih dalam tentang ikan German Blue Ram, baik dari cara merawat dan budidayanya silahkan baca: Cantiknya German Blue Ram Fish ( Ramirezi )

5. Ikan Endlers Livebearer 


Jenis Ikan Hias Air Tawar


Poecilia wingei atau Endlers Livebearer merupakan ikan hias yang banyak ditemukan serta habitat aslinya banyak yang mengatakan berasal dari semenanjung Paria di Venezuela. dalam dunia ikan hias lebih suka dikenal dengan nama Black- Bar Endlers atau Livebearer Endlers.

Endlers Livebearer adalah jenis ikan hias kecil yang tergolong sangat indah dan cantik untuk dijadikan hiasan aquarium, pada bagian seluruh dapat ditandai dengan memiliki warna pada bagian tubuhnya penuh dengan warna - warni. Warna Endler jantan biasanya didominasi oleh warna hitam, hijau metalik dan oranye metalik.

Endlers Livebearer merupakan ikan yang melahirkan dan sering berhibridasi dengan ikan guppy.

Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Untuk Dipelihara

baca juga :
Jenis Ikan Guppy Terbaru Dan Paling Lengkap
Jenis Ikan Guppy Termahal Dan Paling Sulit Dicari


6. ikan Boeseman’s Rainbowfish


Jenis Ikan Hias Air Tawar
ajasmanfaat.blogspot.com



jenis ikan Boeseman’s Rainbowfish dapat ditandai dengan mempunyai ciri-cir pada bagian tubuhnya yang memiliki warna campuran seperti warna pelangi. maka dari itu tak heran jika banyak yang menyebutnya atau menjulukinya sebagai ikan pelangi. atau lebih dikenal dengan ikan pelangi / kaskado merupakan ikan hias air tawar terindah di urutan ke 6.

Ikan Boeseman’s Rainbowfish adalah ikan hias air tawar yang banyak ditemukan dan asli Indonesia, utnuk habitat asli ikan ini bisa sobat tayaitu penyebaranya di Papua, tepatnya di danau Ajamaru yang terletak di hulu sungai Ajamaru.

untuk membedakan antara indukan jantan maupun betina bisa sobat baca dibawah ini. yang mungkin dalam aquarium sobat terdapat ikan seperti ini, jadi bisa lebih tau. tak hanya sekedar mempunyai saja.


Ikan pelangi yang jantan warnanya lebih cerah, cantik nan indah dibanding ikan pelangi betina.

Akan tetapi pada saat muda antara ikan jantan dan betina biasanya seluruh bagian tubuhnya berwarna kekuningan yang berfariasi oranye, sedangkan pada bagian kepala ditandai dengan memiliki rwarna kebiruan.
 
Yang umum dan menjadi ciri khas
pada ikan jantan dewasa adalah memiliki warna biru kehitaman dan pada bagian kepala memiliki warna oranye.

Pada bagian tangah tubuhnya ada bercak yang gelap sedangkan pada bagian belakang berwarna cerah.

Kurang lebih ada 6 jenis ikan Boeseman’s Rainbowfish atau ikan pelangi ini, mulai dari yang paling laris dan diburu para pecinta ikan hias sampai jenis yang terlucu, untuk mengetahuinya silahkan baca : Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfish.
 

Tahukah anda, selain ikan arwana dan botia, ikan pelangi atau Boeseman’s Rainbowfish juga termasuk ikan hias asli indonesia yang laris manis di luar negri, bangga kan punya ikan yang jadi incaran orang luar, untuk lebih jelasnya silahkan baca: 3 Jenis Ikan Hias Yang Menjadi Favorit Luar Negri
 

7. ikan Gourami/Gurami

Jenis Ikan Hias Air Tawar
www.satujam.com
untuk penyebutan jenis ikan ini dalam bahasa indonesianya Gurami. Sobat jangan terkejut ketika ada kata Gourame ( ingg ), karena ini merupakan menggunakan bahasa inggris. disini yang admin maksud adalah ikan sepat hias. Karena sepat hias adalah jenis ikan hias air tawar anggota suku Gourami (Osphronemidae).

Dari semua jenis ikan Gourami atau sepat hias ini warna - warna tubuhnya sangat indah ada yang bermotif mutiara, madu dan masih banyak lagi.

8.  Ikan Peacock Cichlid


Jenis Ikan Hias Air Tawar


 Peacock Cichlid adalah ikan hias air tawar terindah urutan ke 8,

9. Ikan Guppy


Jenis Ikan Hias Air Tawar

karena kemapuanya menyesuaikan diri dan beranak pinak, jenis hias Ikan guppy ini merupakan ikan hias air tawar yang populer di dunia . Ciri khas yang menjadi kecantikan ikan guppy adalah terdapat pada ekor serta warnaya yang jernih.

Ikan guppy termasuk ikan hias kecil dari anggota poecilidae,
sangatlah mudah untuk membudidayakan ikan hias ini, silahkan baca : Budidaya Ikan Guppy, yang sangat mudah untuk dipelihara serta budidaya.

10. Ikan Louhan


Jenis Ikan Hias Air Tawar

yang terakhir yaitu jenis ikan hias air tawar lohan, yang sekarang ini sedang rame-ramenya menghiasi serta ikut andil dalam mempercantik keindahan aquarium.

 untuk habitat asaln ikan louhan adalah banyak terdapat di Malaysia Taiwan, hingga akhirnya menjadi pandangan tersendiri ke seluruh dunia, yang tak lain  karena keindahan warna sisikya yang hidup serta benjolan di kepalanya yang unik.

Utuk mengetahui lebih dalam silahkan simak juga : Jenis Dan Harga Louhan

sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang 10 Ikan Hias Air Tawar Terindah, semoga bermanfaat untuk jadi tau masalah segala macam ikan ini. dan untuk melengkapi pengetahuan tentang ikan apa saja yang paling mahal,
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar